Tuesday, September 18, 2018

This is my city, Mojokerto!


          Mojokerto, kota tempat kelahiran ku ini terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 50 km barat daya Kota Surabaya. Kota Mojokerto saat ini telah berkembang pesat dan sekarang telah terdapat Tol Surabaya-Mojokerto. Wilayah Kota Mojokerto ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Mojokerto.
          Nah Mojokerto ini memiliki alun - alun loh yang terletak di pusat kota, gambar di atas adalah alun - alun Kota Mojokerto. Dulu alun - alun ini menjadi tempat bersantai dan rekreasi bagi keluarga di akhir pekan, terdapat banyak pedagang yang berjualan di alun - alun tersebut, tetapi sekarang alun - alun tidak boleh di tempati untuk orang berjualan sehingga sekarang para pedagang tersebut di pindahkan ke Jl. Benteng Pancasila tetapi masih bisa untuk bersantai dan rekreasi bagi keluarga di akhir pekan tentunya dan hari minggu alun - alun ini juga menjadi tempat car free day.


         Jl. Benteng Pancasila, jalan ini selalu ramai dari pagi sampai malam tidak pernah sepi. Di jalan ini setiap hari minggu digunakan untuk Car Free Day, dari jam 4 pagi sampai jam 10 siang tidak ada sepeda motor atau pun mobil yang melewati jalan itu, pada saat CFD banyak sekali pedagang yang menjual makanan, pakaian, sayuran, aksesoris, dan masih banyak lainnya. Tidak hanya di hari minggu saja, pada hari biasa juga selalu ramai karena jalan ini terdapat Mall yaitu Sunrise Mall yang juga disitu tidak hanya Mall saja tetapi terdapat Hotel juga. Tidak hanya Mall saja, di benteng juga terdapat pasar joko sambang, yang menjual pakaian tetapi tidak lama ini sebagian dari pasar itu terbakar tapi sekarang sedang tahap pembangunan ulang. Pada malam harinya banyak kereta kelinci di sekitar jalan itu dan juga tempat untuk bermain anak - anak.


        Di Kabupaten Mojokerto sendiri terdapat banyak tempat wisata, tepatnya berada di daerah Trowulan. Disana terdapat banyak tempat bersejarah, seperti candi tikus, candi bajang ratu, budha tidur, candi brahu, museum trowulan dan masih banyak lainnya. Daerah ini biasa di gunakan untuk tempat pembelajaran juga loh teman - teman, jadi tidak hanya untuk berlibur juga tetapi sambil belajar mengenal sejarah.

Candi Tikus 

Budha Tidur

Cndi Bajang Ratu

       Di Kota Mojokerto juga memiliki makanan khas lho yaitu onde - onde, berbentuk bulat dan dengan ditaburi wijen yang pasti lezat rasanya. Teman - teman kalau datang ke kota ku wajib untuk mencobanya.


       Jadi itulah kota asalku dimana aku lahir dan besar disana, aku bangga berasal dan menjadi bagian dari Kota Mojokerto

No comments:

Post a Comment